5 Hewan Indonesia yang Terancam Punah


1.       Orangutan Sumatera

Hasil gambar untuk orangutan sumatera

Orangutan menjadi salah satu satwa asli dari Indonesia. Jenis orangutan Sumatera ini sekarang sudah termasuk sebagai hewan yang terancam punah. Juga terdapat fakta bahwa pada tahun 1998-1999 lalu, laju kepunahan mencatat angka 1000 orangutan pertahun.

2.       Harimau Sumatera

Hasil gambar untuk harimau sumatera

Sekarang ini total populasi dari hewan karnivora yang satu ini tidak mencapai lebih dari 300 ekor. Harimau sumatera juga merupakan salah satu dari 6 sub spesies harimau yang masih bertahan hidup sampai sekarang.

3.       Kanguru Pohon Wondiwoi

Hasil gambar untuk kanguru pohon wondiwoi

Ternyata selain di Australia, Kanguru juga bisa ditemukan di Indonesia. Tetapi sayangnya jenis Kanguru ini sudah terancam punah. Kanguru pohon Wondiwoi ini berasal dari Pegunungan Wondiwoi, Papua Barat.

4.       Burung Jalak Bali

Hasil gambar untuk burung jalak bali

Sesuai dengan namanya, Burung Jalak Bali hanya bisa ditemukan di Pulau Bali, terutama di area hutan bagian barat. Burung tersebut juga termasuk sebagai salah satu spesies khas Bali dan pada tahun 1991 Burung Jalak Bali dinobatkan sebagai lambang fauna khas Provinsi Bali. Karena sudah terancam punah, kini keberadaan hewan endemik ini mendapat perlindungan dari undang-undang.

5.       Anoa

Hasil gambar untuk anoa

Anoa adalah hewan khas Sulawesi yang kini sudah jarang dijumpai bahkan sudah jarang terdengar. Hewan ini terdapat di Pulau Sulawesi, khususnya Sulawesi Tenggara. Anoa sudah dikelompokan sebagai hewan langka semenjak tahun 1960. Salah satu faktor besar penyebab hewan ini terancam punah, karena banyak manusia yang memburunya. Mereka memburu Anoa untuk mengambil kulit, tanduk, serta dagingnya.




Komentar

Postingan Populer